Udah tuh di tanggal 27 kita jalan-jalan. Walau dari awal si tour leader agak sus, tapi kita semua berusaha untuk happy karena ini kan happy moment kita semua. Sambil positive thinking dia bakal berubah, kita jalani ajalah. Btw tournya kemana-mana pake umum ya, dan kita gpp banget
Karena tanggal 26 nggak ada agenda, jadi gue jalan-jalan dan baru dateng ke Airbnb malem hari. Jadi, baru ketemu si tour leader ini besok paginya utk agenda tgl 27. Dan tau nggak sih…
Dia nggak ngenalin diri? Masuk terus duduk aja gitu. Peserta yang ngenalin diri ke dia🥲🥲
Gue ikut tour konser ke Korea dari salah satu agen tour fandom yang udah punya nama berkat jastip gitu.
Ekspektasinya: tinggal berangkat, tinggal nikmatin konser, semua udah diurus.
Tapi kenyataannya… kacau dari awal.
Awalnya kontak whatsapp akunnya, bayar DP dan dimasukin ke grup Line gitu. Tapi:
❌ Gak ada perkenalan dari pihak tour
❌ Grup sepi — sampai peserta sendiri yang mulai kenalan di H-7?
❌ Gak ada komunikasi aktif, bonding pun gak dibangun
Dari awal udah terasa lepas tangan.
Tour ini berjalan dari tanggal 26-30 (ingetin tanggal ini ya). Dan gue ke Korea itu sampenya di tgl 24 dan strolling around sama org yg gue kenal dari X.
Karena gue sampe duluan, gue mau bikin itin dengan menyesuaikan jadwal tour supaya gak tumpang tindih. (Gue first timer ya)
Yang agak bikin meh:
Gak ada briefing itinerary.
Gak nanya progres visa/pesawat peserta.
Gak nanya kita udah secure tiket konser atau belum.
Gak peduli kita nonton 1 hari atau 2 hari.
Bahkan gak nanya siapa aja yang baru pertama kali ke Korea.
Kita semua harus cari tahu sendiri.
Simple breakfast yang dia maksud di itin itu, di beliin roti, telur, susu dan sereal. Tapi dia nggak nyediain AIR MINUM. Nggak ada dispenser. Dia cm beli satu air 1L sekali buat whole trips🥲
Air… Kebutuhan dasar manusia… peserta harus beli sendiri🙂
Udah gitu.. Tempatnya?
🔻 Semi-basement
🧳 Sempit — salah satu kamar isi 2 orang tapi gak bisa buka koper,
🔥 Musim panas, ada kamar yang gak ada AC, cuma pakai kipas angin
🚽 Kamar mandinya sempit, mandi harus sambil duduk supaya nggak kejedug atep (design toiletnya aneh)
Tanggal 26. Peserta tour checkin ke airbnb sendiri, yang mana:
🏡 Lokasinya jauh dari stasiun/halte
❌ Gak ada antar-jemput bandara
🚫 Tour leader tidak nginep bareng di tempat yang sama
Dibalik happy-nya bisa nonton Seokjin di Korea, tapi sebenernya gue menyimpan pengalaman PAHIT karena ikut tour.
Tour mahal di harga ❌
Tour mahal di pelajaran ✅
Alias ini pelajaran berharga - A thread