as jobseeker, ini pertanyaan-pertanyaan yang sering diajukan di interview:
tentang diri sendiri
1. kegiatan selama menganggur
2. kelebihan & kekurangan diri
3. hard skills (skill bahasa dan skill microsoft office)
4. pengalaman kerja/magang/organisasi yang RELEVAN dengan posisi yang diminati
5. hasil nyata dari pengalaman tersebut
6. tujuan jangka pendek & jangka panjang
7. alasan mendaftar
8. kontribusi yang mau diberikan
9. alasan kenapa resign (jika ada pengalaman kerja)
10. closing statement
tentang company
1. company bergerak di bidang apa
2. company menghasilkan apa
3. program apa yang sedang dijalankan oleh company
4. lokasi company/cabangnya di mana saja
5. ekspektasi gaji untuk posisi yang diambil
6. study case sesuai posisi yang diambil (biasanya mereka menilai bagaimana problem solving kita nanti)
pertanyaan yang bisa diajukan ke HR
1. berapa lama jam kerja
2. sistem lembur/tidak (untuk tau jam lembur & gaji lembur)
3. bagaimana kontrak
4. bagaimana sistem cuti
5. pekerjaan yang akan dilakukan di posisi yang kita ambil
Buat cowo" yg baca postingan ini, bahagiain cewe kalian ya, percaya kalau cewe kalian itu selalu pengen kalian jadi yg terbaik kok, jangan dibikin sebel terus yaa
Ngga nyampe seminggu dia kirim hadiah, aku dapet kabar kalau
"Ayy, aku keterima di pt xxx"
dan paling gong dia keterima program MT yg notabene pendaftarnya ribuan sedangkan yg diterima cuman 25
Semangat ya sayangku, perjalanan kita masih panjang, dan tugasku disini adalah selalu meyakinkan kamu di saat kamu sendiri meragukan kemampuan kamu
Do'ain ya gais, semoga kita berdua bisa nikah dan langgeng nyampe maut memisahkan
Terus suatu hari aku iseng bilang ke dia, "kayaknya kamu harus kirim hadiah deh ke aku biar rezekimu makin lancar"
mungkin abistu dia mikir, dan nyoba langsung apa bener ya,
Akhirnya dia kasih hadiah tas yg aku pengen
Dia ngga suka nganggur ga ada penghasilan, tapi aku bilang ke dia, "daripada kamu kerja dapet capeknya doang ay, mending kamu istirahat dulu. Aku yakin kamu pasti bisa dapetin kerjaan sesuai yang kamu mau."
setelah lulus maganghub dia sempet stress karena udh hampir 2 bulan jadi jobseeker tapi keterima kerjanya di tempat yg ngga sesuai passion dia dan underpaid
Aku yakinin dia gausah diambil tawarannya, aku kekeh biar dia nganggur dulu menikmati waktu istirahatnya
Appreciation post buat pacar kesayangan aku, walaupun dia ga bakal liat ini karena ga main x
Dari awal dia lulus, nganggur 3 bulan nyampe akhirnya dia dapet kerjaan di JKT tapi gajinya ga manusiawi (masuk fullday Senin-Sabtu, gaji cuman 2jt) terus akhirnya keterima maganghub
spill kantor green flag kalian dong!🫵🏻
aku duluan ya
- gajian gapernah telat
- kerja 5hari, 2hari off
- bpjs + asuransi
- susu tiap hari
- tunjangan tiap bulan
- uang beasiswa tiap tahun 😋🥹
1. Tingkatkan self awareness
- Km tau maunya apa
- Km tau apa yg km suka maupun ga suka
- Km fokus sm diri sendiri
2. Naikin value => investasi ke diri sendiri (ilmu, kesehatan, penampilan, dst)
3. Ngomong ga belibet bisa dimulai dari perbanyak latihan dgn artikulasi yg jelas. Klo ada kesempatan, ambil. Misalnya, share pendapat di forum, bertanya saat ada diskusi, & mau klo dijadikan mc/moderator.
Kalau menyewa mobil di Sumbar atau manapun, ambil yg makan supir sudah termasuk saja, nanti rental company yang akan memberikan ke supir, mkn 20-30K/kali makan, kalau sehari ya 60-90K untuk 3x makan.
Cara lain, saat berhenti makan langsung kasih uang makan ke supir "uda/pak, ini untuk makan ya"
Ya selalu ada supir yang mengambil kesempatan untuk keenakan 😄
Lebih terkontrol pengeluaran anda kalau include.
Untuk Sumbar saya rekomen IndoMinang Holiday
Mau berhenti di mana juga nurut drivernya wqqq, kalau bisa request Uda Elvit, sudah beberapa kali antar saya dan rombongan, minusnya satu saja Uda ini, kadang bawanya terlalu pelan 😄
Ya jangan terlalu cepat mengambil kesimpulan, mari kita beri peluang mereka memperbaiki, jangan lupa kasih masukan ke mereka juga setelah pemakaian kalau ada yg dirasa kurang pelayanannya.
@fangirlyfe1@tanyarlfes makasih banyak kak, mau nanya lagi, cara tahu mana aja instansi yang full CAT atau ngga itu ngeceknya dimana ya? Di masing-masing web kementerian kah?