fix cpns ga ada tahun ini ๐ฅฐ dua tahun prabowo menjabat ga buka lowongan cpns karna negara ga punya duit ๐ฅฐ lanjutkan party mevvah kalian ๐ฅฐ lanjutkan program embege dan kopdesnya sampe indonesia bubar ๐ฅฐ ga usah pikirin angka pengangguran yg tinggi ๐ฅฐ
Buat yang belum tau, titik-titik merah ini adalah kebakaran hutan di Kalimantan. Impactnya udah separah itu, kabut asap tebal di mana-mana dan mati listrik total di beberapa titik. Kenapa gak masuk berita? Seolah ada yang peduli.
Guys!
Wakaf itu GA MELULU soal masjid dan kuburan.
Bisa juga buat hutan.. ini yang mau diinisiasi Muhammadiyah
Gini caranya
Orang kaya atau perusahaan bisa wakafin tanah. Nanti, masyarakat pun bisa nyumbang pohon atau biaya perawatan.
Atau negara memfasilitasi lahan2 bekas hutan atau lahan2 kosong di pedesaan dan tengah kota untuk jadikan hutan wakaf.
Kenapa ini menarik?
Karena ketika hutan jadi wakaf, hutannya ga boleh dijual, diambil alih, dikurangi nilainya apalagi dirusak!
Dalam agama, hukumnya dosa besar!
Jadinya hutannya akan dipertahankan sampai kapanpun. Tinggal diarahkan, apakah jadi hutan edukasi, hutan konservasi atau hutan lainnya,
Ini menarik untuk bisa diterapkan di Indo. Mayoritas rakyat Indo itu muslim dan percaya dengan konsep amal jariyah dari wakaf.
Karena sesuatu yang bermanfaat dari wakaf itu akan bernilai pahala bahkan setelah si pemberi wakaf meninggal dunia.
Tinggal ulama2 ajakin aja agar umat mau berbondong-bondong sumbangkan harta dan lahannya untuk wakaf hutan.
Dan disisi lain, karena wakaf adalah hal yang sensitif dalam agama..
Hal ini juga memberikan legitimasi agama untuk mencegah perusahaan2 merusak dan menguasai hutan demi tambang dan sawit.
Ini juga meringankan biaya pemerintah untuh melakukan konservasi hutan.
Gimana menurut kalian?
aku blue collar, kerja di energy company di indo 7 tahun lebih, trs ambil course aja di TAFE, alhamdulillah skrg kerja di salah satu energy company High Voltage di Victoria.
selama di sini ga penting gelar s1, s2, master, phd, apapun itu (ga tau bidang atau kerjaan yang lain ๐ )
yang punya pengalaman di Indo, bertahun tahun, anda sebenernya sudah satu langkah di depan, tinggal jalannya ke australianya pake cara apa.
sekolah dulu? atau langsung cari kerja? whv? doesnโt matter
perbedaan kerja teknik di aussie sama indo? ๐ bagai bumi dan langit dalam banyak hal
Songs with most weeks on the Top 10 on MelOn in 2025
#WOODZ Drowning โ 51 weeks
#aespa Whiplash โ 28 weeks
#ZOZAZZ Don't you know โ 27 weeks
#HwangKaram I'm Firefly โ 26 weeks
#HUNTRX Golden โ 25 weeks
#GDRAGON HOME SWEET HOME (feat. #TAEYANG, #DAESUNG) โ 24 weeks
#Woody Sadder Than Yesterday โ 22 weeks
#10CM To Reach You โ 20 weeks
#BLACKPINK JUMP โ 20 weeks
#SajaBoys Soda Pop โ 19 weeks
#ALLDAYPROJECT FAMOUS โ 19 weeks
#ROSร, #BrunoMars APT. โ 18 weeks
#IVE REBEL HEART โ 17 weeks
#JENNIE like JENNIE โ 17 weeks
#GDRAGON TOO BAD (feat. Anderson .Paak) โ 16 weeks
#BOYNEXTDOOR IF I SAY, I LOVE YOU โ 15 weeks
#MAKTUB Starting With You โ 13 weeks
#aespa Dirty Work โ 12 weeks
#ParkDaHye, #MAKTUB Starting With You โ โ 11 weeks
#NMIXX Blue Valentine โ 10 weeks
#DAVICHI TIME CAPSULE โ 10 weeks