Manusia kadang lupa, ketika bilang “udah, biarin yg dulu2. Namanya masa lalu”, tapi hampir separo usia hidupnya nyakitin perasaan org lain, yang seharusnya dia jaga
So? Dorong aliran dana tersangka korupsi mengalir kemana aja untuk dibuka ke khalayak umum. Follow the money. Ga usah semua deh, 10besar transaksi dari para tersangka aja cukup.
Kalopun ketemu nilai kerugian keuangan negara, kenapa selama ini cuma sampai ke org yang melakukan. Padahal, bisa jadi aliran dana tersebut ke org “lain”.
Balik lagi ke fraud triangle theory, salah satunya adl pressure. Bisa jadi, org yang gajinya sudah sangat lebih dari cukup, tapi terpaksa melakukan fraud krn adanya paksaan dari “org lain”.