@ohmybeautybank Lae Sa Luay nder, kebetulan rambutku ngembang, & kering. Pake ini, rambutku jadi halus, dan ga ngembang lagi. Beli 3bulan lalu, masih sisa setengah, padahal tak pake 2hari sekali ๐ฅฐ
Coba nyari di officialnya nder https://t.co/6YXBa57hLL
ุงูููู ูุง ุชุณูุท ุนูููุง ุจุฐููุจูุง ู ู ูุง ูุฎุงูู
ููุง ูุฑุญู ูุง
Ya Allah ya Tuhan kami, janganlah Engkau kuasakan atas kami --karena dosa-dosa kami-- penguasa yang tidak takut kepadaMu dan tidak punya belas-kasihan kepada kami.
Catatan akhir tahun 2023 ini saya beri judul "lho kok ga ada yang ngasi tau?"
Jadi gini...
Saat kita masi sekolah, fokusnya cuma belajar mata pelajaran aja, ga ada yang ngarahin untuk kursus tambahan bahasa Inggris, karate, piano atau berenang. Jadi ya ga punya skill lain. Trus bertahun-tahun setelah itu kita kesel dan ngomong, "lho kok ga ada yang ngasi tau?"
Saat kita kuliah di luar kota, fokusnya cuma dari kosan ke kampus, begitu terus tiap hari. Waktu santai buat mabar sama temen-temen, ga dipake untuk jalan-jalan ke kota sebelah, ke tempat wisata, ga nyoba kulineran, ga explore. Trus setelah pulang ke kota asal, kita baru nyadar dan ngomong, "lho kok ga ada yang ngasi tau?"
Saat bekerja, kita fokusnya kerja aja. Bertahun-tahun tanpa cuti. Dedikasi penuh ke perusahaan. Sampe weekend pun tetap diisi dengan kerja. Ga pernah hunting tiket murah, ga pernah ngincer cuti bersama. Ga kaya temen kita yang sering traveling ke sana kemari. Ga cuma kerja tiap hari. Trus setelah burn out, kita baru nyadar dan ngomong, "lho kok ga ada yang ngasi tau?"
Saat bisnis lagi bagus, kita fokus ningkatin gaya hidup, hedon sana sini, hidup kek sosialita, ga punya tabungan, ga masukin uang ke investasi, ga ngerti soal cash flow, ga ada dana darurat, ga mengamankan diri dengan asuransi. Uang banyak, tapi habis begitu aja. Trus setelah bisnis drop, kita jadi nyadar dan ngomong, "lho kok ga ada yang ngasi tau?"
Saat masih muda, kita makan sesukanya, ga milih makanan yang masuk ke tubuh, ga terbiasa berolahraga, tiap hari jajan boba, ciki-ciki dibeli semua. Trus saat sudah tua dan kena sakit ini itu, trus kita nyesal dan ngomong, "lho kok ga ada yang ngasi tau?"
Saat kita punya waktu untuk menjalankan hobby, tau mau ngapain, tapi kita lebih memilih untuk ga melakukan, mengabaikan mimpi kita, punya tujuan tapi terus ditunda, trus masanya sudah lewat untuk diwujudkan, dilakukan, kita jadi kesel dan ngomong, "lho kok ga ada yang ngasi tau?"
By default, we have no reminder app for life. No one is going to install that for you.
Rencana harus disusun sendiri.
Rekomendasi aktivitas ga ada dashboardnya.
Purpose in life harus di-set dengan kesadaran.
Banyak hal yang emang harus dipikirin sendiri.
Ga ada orang lain yang akan ngurusin hidup kita.
Ga ada yang akan ngasi tau kita harus gimana.
Ga ada yang segitu care-nya menata hidup kita.
Ga ada yang punya waktu jadi reminder buat orang lain.
Hidup itu harus direncanakan dengan sadar.
Hidup itu harus dijalani dengan dasar.
Jangan ngikut arus, jangan ngambang terus.
Suatu saat ketika sudah telat, kita baru sadar dan ngomong, "lho kok ga ada yang ngasi tau?"