Thank you for having me bang Yos! @pinkbourbon8898.
Thank you juga buat temen2 yang hadir semalem, rame banget!
My pleasure bisa sharing dan diskusi bareng.
Materinya saya share di sini buat yang kemarin minta: https://t.co/JWTFIxzMsv
Buat yang semalem request pembahasan topik lain dan mau diskusi lebih mendalam, I’ll see you guys in the next @klinikp88 event!
Kebetulan saya ngisi di hari ke-3.
See you soon!
Warren Buffett sendiri ga setuju kok dengan kebijakan Trump. Dia bilang itu sebagai “act of war to some degree”. Dia tahu kalau AS dan Cina ga boleh bermusuhan.
“Free trade is over” kata Perdana Menteri Singapore.
Kalau benar demikian, kapitalisme dan dunia pasar modal yang diagung agungkan Amerika bisa terguncang.
Dan sekarang, revenue si BYD bersaing dengan Tesla, bahkan melewatinya.
Sebuah pelajaran yang bagus: Bisnis adalah perjalanan panjang, meski ditertawakan hari ini, kelak kamu bisa menang.
Data Impor kendaraan bermotor yang masuk ke Indonesia. Yang paling menarik adalah pertumbuhan kenceng banget dari Tiongkok.
Bahkan kalau diperhatikan, di Jakarta mulai banyak showroom merk China kan. Cepat sekali growth-nya.
Itu karena kita melihatnya sekarang. Pada tahun 2011, BYD diketawain Elon Musk karena dianggap bukan saingannya. Padahal Warren Buffett dan Charlie Munger sudah memiliki saham BYD jauh sebelum wawancara tsb.
Angin segar di bursa efek Indonesia, ketika IHSG ditutup +3,8%. Apakah big investor sudah optimis dengan situasi politik di Indonesia? Belum secepat itu.
Namun jika ditelisik, kondisi ini karena dua hal primer:
1. Buyback emiten-emiten dengan market cap besar.
2. Dividen
Menurut gue, langkah yang dilakukan masih bersifat temporary. Jadi belum obat yang bisa tahan lama.
Obat tahan lamanya ya tetap: situasi politik terkendali, transparan, batasi bond issuance, tidak ada tindakan represif kepada pendemo.