di umur segini gampang bgt burnout ya, kadang semangat besoknya langsung drop, pengen ngilang dari semua orang, social battery cepet abis, padahal kegiatan cuma itu-itu aja
Tapi ini memang beneran terjadi sama temen-temenku. Yang sudah kuliah ke Taiwan, biasanya akan keliling dunia. Yang sudah ke Jepang, biasanya bakal dapet opportunity buat kerja di negara lain juga setelah itu.
Makanya berharap banget, semoga kesempatan itu dateng ke aku juga ๐ฅน
Kalo gue sih cari kerjaan lain kek sekarang ini. Daripada tiap hari deg-degan dan overthinking besok atau hari ini bakal ngelakuin kesalahan apa ya mending out. Gue juga ga mau kali jadi beban atasan gue mulu, tahan aja dulu lah sampe dapet kerjaan lain baru out
Ini ril testi dari aku. SMP aku ada psikotes gak prepare apa-apa hasilnya tinggi, meskipun waktu itu gak yang istirahat cukup banget sih. Tapi SMA pas psikotes buat masuk kelas aksel aku belajar sampe bagadang, eh hasilnya malah zonk, ya masih lolos, tapi dapet peringkat rendah๐
Inilah kenapa as psychologist, kalo ada temen minta tips buat psikotes, aku selalu bilang istirahat yg cukup. Aku sama sekali gak akan nyaranin buat belajar, baik dari internet ataupun buku2 yg banyak dijual.
serius deh, rn i feel like i don't have any safe place for me yapping or doing whatever i want. it's like, mau yap di second insta aja takut, takut dibocorin dan diomongin orang lagi, jadi bahan omongan. duh.
Sebenernya ga wajar, tapi in this econom,y gue ambil ambil aja kerjaan 7-4, libur cuma Minggu, dan gaji hampir 100k per hari. Tapi kalo kasus sender sih, mending cari kerjaan lain, apalagi kalo kamu punya value lebih di diri kamu ๐๐ป
@ladidadalalida mjb kak, makanya crab mentality di indo tuh kuat bgt. soalnya ga disediain ruang gagal. jadi, sekali gagal aja udh ngerasa stuck dan gapunya kesempatan lain, makanya akhirnya ngeliat pencapaian orglain jd sesuatu yg nyentil ego :"
Gue lagi ma nyoba nekunin belajar Mandarin lagi tau.. soalnya lumayan basic ku pas SD tuh ya adalah dikit, les Mandarin juga udah 2 tahun kan, semoga otak ku masih encer aja wkwkwk
gen z ayo melek, lu pinter mandarin, ekonomi lu terjamin ๐๐ป in this economy mending ngebuang duit ratusan ribu buat belajar mandarin sebagai investasi jangka panjang, percaya sama gw gaji lu gaakan dibawah umr
Pendidikan Fisika
Pendidikan Kimia
Pendidikan Biologi
Pendidikan Matematika
Pendidikan Bahasa Inggris
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Pendidikan Bahasa Arab
Pendidikan Agama Islam
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Pendidikan Anak Usia Dini
Bimbingan dan Konseling
Manajemen Pendidikan Islam
Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Pendidikan IPS
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Pendidikan Sejarah
Pendidikan Geografi
Pendidikan Ekonomi
Pendidikan Vokasi
Pendidikan Teknologi Informasi
Pendidikan Seni
Pendidikan Musik
Pendidikan Tari
Pendidikan Luar Biasa
Administrasi Pendidikan
Teknologi Pendidikan
Pendidikan IPA
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Pendidikan Bahasa Jepang
Pendidikan Teknik Mesin
Pendidikan Teknik Bangunan
Pendidikan Administrasi Perkantoran
Pendidikan Sosial Antropologi
Pendidikan Masyarakat
Pendidikan Non Formal
Pendidikan Luar Sekolah
Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Pendidikan Profesi Guru
Pendidikan Bahasa dan Sastra Daerah
Pendidikan Akuntansi
Pendidikan Manajemen
Pendidikan Kewirausahaan
Pendidikan Kimia
Pendidikan Biologi
Pendidikan Fisika
Pendidikan Matematika
Tadris Bahasa Indonesia
Tadris Matematika
Tadris Biologi
Tadris Fisika
Tadris Kimia
Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Pendidikan Agama Kristen
Pendidikan Agama Katolik
Pendidikan Seni Rupa
Pendidikan Drama
Pendidikan Kesejahteraan Keluarga
Pendidikan Tata Boga
Pendidikan Tata Busana
Pendidikan Rekayasa
Pendidikan Multimedia
Pendidikan Teknik Elektro
Pendidikan Teknik Otomotif
Pendidikan Teknik Informatika
Pendidikan Koperasi dan Kewirausahaan
Pendidikan Bisnis
Pendidikan Kepariwisataan
Pendidikan Bahasa Mandarin
Pendidikan Bahasa Prancis
Pendidikan Bahasa Jerman