Sakit yang harus diterima karena selingkuh enggak sebanding dengan rasa senang dan adrenalin waktu lo melakukan hal itu.
Kepercayaan yang hilang, rasa percaya diri yang turun, dan trauma yang entah kapan sembuh itu enggak terbayar dengan kata maaf atau perpisahan. Enggak cukup.
Di komen byk yg blg masalah ini krn makan pedes, aku dah ke SpOG sana sini semua kasih input yg sama :
Musuh utama rahim & hormon perempuan itu fast food, MSG, gula, tepung
Yg lg promil & yg mau nikah, better ubah lifestyle dr skrg krn prosesnya ga mudah
gue ditahap udah mulai males menjaga relasi sama temen yang pada dasarnya juga ngga mau jaga relasi, why do I have to put so much effort ga sih, keep it your circle small, and appreciate those who stayed.
Di usia 40an ini, gue jadi sadar kalo sejak usia muda (bahkan saat masih kecil) ada 5 life skills yang udah dikuasai.
Satu, ga peduli sama urusan orang.
Dua, ga ngebandingin pencapaian gue dan kesuksesan orang.
Tiga, ga menuntut hasil bagus, kalo effort gue aja gak maksimal.
Empat, ga pusingin hal-hal yang di luar kendali gue.
Lima, ga segan nolak kalo ga nyaman.
Life was mostly easy for me.
Navigating life dengan 5 kemampuan di atas itu jadi mudah.
Gue jadi fokus sama urusan-urusan sendiri yang mau gue capai. Kalo belum terwujud, ga jadi kecil hati ngeliat orang lain yang udah lebih duluan menggapai goals mereka.
Gue jadi ngasih 100% effort untuk semua yang lagi dilakukan. Walopun hasilnya ga maksimal, I know I have done my best.
Gue jadi berusaha ngubah hal-hal yang ada dalam kendali gue. Ga habisin waktu fokus sama yang ga bisa gue fix.
dan yang terakhir, saying alot of "no" saves my time, my energy, my resources and my life from the unnecessary.
_
Ga, semua life skills itu ga muncul begitu aja dalam diri gue. Ada yang butuh bertahun-tahun baru nyadar. Ada yang emang gue amati dan gue simpulkan dari pengalaman. Ada yang gue jadiin pedoman setelah proses jatuh bangun yang ga sebentar.
Poin gue gini...
Apapun yang bikin ribet hidup kita, coba sadari, coba analisa, coba ubah mindset kita, kalo perlu, ubah diri kita untuk bisa melihat berpikir sebaliknya.
Jadi orang masih seganan, ga enakan, selalu sungkan, trus jadi suka dimanfaatin orang lain? Sadari situasi itu, coba keluar.
Make sense ya.
Kemarin baca tulisan bagus banget:
Ya Allah, jika ada orang yang iri atau benci akan kebahagiaanku..
Sekiranya tolong beri mereka kebahagiaan juga, biar mereka tidak lagi memikirkan kebahagiaanku.
🥹🥹🥹🥹🙏🏾
Abis nanya nyokap, apa rahasia pernikahan langgeng dan bahagia. Dia cuman senyum-senyum, “Intinya mama sayang papa, papa juga sayang mama🤭☺️”
Setelah 37 tahun menikah mereka masih saling naksir aja, “Papa ganteng pake baju itu, mama foto ya”, dan sebaliknya. Lalu mereka juga masih sering ngedate berduaan. So I guess; never stop dating each other! 😆😍
Dulu aku mengira sholat dhuha, sholat tahajud, membaca Al-qur’an itu dapat menjadi penyebab terbukanya pintu rezeki.
Padahal, justru ibadah-ibadah itu sendiri adalah rezeki.