instead of:
"aku jaga sholat 5 waktu karena takut masuk neraka"
now it's more like:
"aku beribadah karena banyak yg harus aku syukuri, banyak kesalahan yg harus aku perbaiki, banyak yg harus aku aduin, banyak keputusan yg butuh petunjuk, banyak hal yg belum aku ngerti, banyak yg harus aku minta, dan banyak hal yg harus aku serahin"
tolong 😡 jangan 😡 janjiin 😡 hal 😡sekecil 😡apapun 😡 ke 😡 aku 😡😡 if 😡 you 😡 don't 😡 mean 😡 it 😡😡 karena 😡 AKU 😡 JADI 😡 BERHARAP 😡 DAN 😡 NUNGGUIN 😡 KAMU 😡NEPATIN 😡 JANJI 😡 ITU 😡😡🫵🏻
alpha bertanya, milenial menjawab.
👦🏻: “ayah, maulid nabi itu apa?”
👱🏻♂️: “maulid nabi itu peringatan hari kelahiran nabi muhammad ﷺ, nak.”
👦🏻: “oh…”
anakku mengangguk pelan. gak banyak bertanya lagi. lalu masuk ke kamar.
beberapa menit kemudian…
👦🏻: “ayahhh… bunda… lihat, aku bikin surat.”
Pemandangan pagi ini jam 05.11.
Kadang hidup emang terasa nggak adil. 🥹
Mak, semoga perutmu selalu kenyang, badanmu nggak pegal-pegal habis jualan, dan setiap malam bisa tidur dengan nyenyak. 🤍