udh jelas hidup di negara ring of fire dmn bencana udh pasti bakal terjadi. tapi mitigasi nya ga diprioritasin, anggarannya minim, trs yg diminta to take responsibility malah rakyatnya. lanjutin aja terus wo mbg lu, biar kiamat dluan indonesia ini
ini gen ask, kan banyak yg ngasih video abu vulkanik udh sampe di jabodetabek. biar kita2 gk kemakan hoax jg nih, bedaiin debu kotor dgn abu vulkanik apa ya? maaf bgt klo kesannya tolol pertanyaannya😔🙏🏻
INFO: MITIGASI TERKAIT HUJAN ABU VULKANIK
1. Mitigasi kesehatan (paling penting saat hujan abu)
Abu vulkanik partikelnya tajam dan keras, mudah iritasi mata, hidung, tenggorokan, dan memicu ISPA.
• Pakai masker N95/FFP2/P2 (paling efektif). Jika tidak ada, kain basah yang rapat menutup hidung dan mulut.
• Pakai kacamata pelindung. Jangan pakai softlens.
• Kenakan pakaian tertutup: baju lengan panjang, celana panjang, topi.
• Kurangi aktivitas di luar rumah. Jika harus keluar, segera pulang dan ganti pakaian yang terkena abu.
• Tetap di dalam ruangan: tutup pintu, jendela, dan ventilasi. Tutup celah dengan kain basah, handuk digulung, atau terpal. Matikan AC yang menarik udara luar.
• Jika muncul batuk terus-menerus, sesak, atau iritasi mata berat, segera ke klinik / puskes terdekat.
gajah kan petani hutan ya, dia tau mana tanaman jelek mana yg bagus jir awowkowo aku suka liatin siti gajah yg robohin pohon sama tesso di tntn awowkwok, mostly yg dirobohin sawit😭😭😭😭