@ikanhijo coba ajak dia main ke daerah danau tempe, nanti kita kasih fakta asal ani ani dan cabe cabean segala macam dibilangnya rasis, lama-lama bali dipaksa untuk toleransi semu.
udh capek beradat dan berbudaya, dituduh penghasil ladang ani-ani kle
gw liat liat isinya threads lu cuman nyenggol bali aja deh, perasaan gw yang perantau dan sering ikut ngayah aja ga pernah liat orang bali jadi ani-ani, nanti kalau gw kasih fakta ani-ani itu rata2 dari daerah mana dibilangnya rasis. coba main ke danau tempe, tanya asal mereka.
feel bad for mbak yang di rasisin penjahit, tapi jujur selama di bali mereka ga pernah ngerasisin saya, justru tempat kelahiran saya sendiri yang melakukan tindakan rasis terhadap saya.
buat semeton-semeton bali, mari junjung tinggi krama bali, hindari perpecahan sesama NKRI.
@penganutsekte udh 4 tahun di bali, gk pernah ngalamin perlakuan rasis, bahkan mereka welcome bgt, memang gk semua, dirasisin kayak jawa, kupang itu mah udh biasa kayak di rumah, anggap aja itu jokes. Semoga hospitality bali ditingkatkan lagi, biar banyak lokal yang tidak merasa terpinggirkan.
apa faktanya yang mengatakan kalau itu tradisi? selama saya hidup di bali, ga pernah tuh saya melihat tradisi ini, yang ada cuman omongan satiran dari temen temen saya yang asli bali, justru banyak dari teman saya yg mengatakan itu degradasi moral pemuda-pemudi yang ada di Bali.
@bvtrass ditambah lagi mengatakan bahwa itu tradisi hindu? kayaknya ini udh penistaan agama sih hahaha, saya aja yang merantau disini dan sering ikut dalam acara temen temen hindu bali gak pernah tuh mengatakan kalau sing beling sing nganten adalah tradisi.
@bvtrass kayaknya stigma kyak gini ga pernah hilang ya, ini jatuhnya melecehkan perempuan bali sih. biar gak salah paham, sing beling sing nganten itu bukan tradisi, malah bentuk degradasi moral, coba pahami apa itu tradisi dan budaya, supaya bisa meriset lebih jauh lagi soal itu.
@sleepswey@dedesatrya @bvtrass itu tradisi atau degradasi moral? coba pahami, saya perantau disini aja gak pernah nemu tradisi itu. coba pahami arti kata tradisi.
Hebat juga ini umat agama lain yang penasaran sama sejarah Gereja sampe bahas konsili Nicea (325 M) segala.
Saya Katolik dari lahir belajarnya cuma Konsili Vatican 2 (1962 - 1965)
@kafiradikalis sebagai mahasiswa jabodetabek yang kuliah di bali, bali ini seperti lelah dalam menghadapi overtourism dan juga boom migration dari daerah lain.
!imissu tolong ya buat couple yang tadi ng*we di toilet Gedung Poerba kampus FIB Nias lt. 2, mikir gak sih? itu toilet umum anjir, kalian bs2nya lawan jenis masuk bareng di toilet kampus. minimal sewa OYO bos. mana ini bukan kali pertama ketauanπ€¦π»ββοΈπ€¦π»ββοΈ