Buat seru2an critical thinking aia, Coba bikin prompt gini ke Claude Opus atau ChatGPT model terbaru:
"Cari informasi lebih dalam berapa total jumlah sppg yg terafiliasi dg Muhammadiyah vs dengan NU. Catatan, yg dari NU termasuk yg tdk atas nama NU misal pesantren. Lakukan estimates yg defensible jika tidak ada data absolut resmi dari masing2."
Hasilnya silahkan ditulis di bawah ya.
Negara ini bisa bertahan dgn kondisi yg gini2 aja (korup dan tertinggal) tanpa perubahan selama puluhan tahun, bukan karena pemimpinnya buruk. Tapi karena masyarakatnya pengecut, pemalas, sukanya pasrah krn terlalu percaya pertolongan Tuhan akan datang dengan sendirinya.
Halo, Shieny di sini. CEO Agate, 17 tahun membangun industri game Indonesia bareng 17 co-founder Agate yang luar biasa.
Gw dari dulu respek sama Kris dan selama ini nganggep dia mentor. Tapi kali ini, dengan segala hormat, gw harus beda pendapat.
Bro, in this case:
1. Aturan yang lu protes ini bukan karangan orang Indonesia yang asal-asalan — PSAK 19 (Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan) adalah cerminan dari International Accounting Standards (IAS 38). Standar internasional, bukan "aturan yg dibuat2" seperti yang lu tweet.
2. Dalam hal ini, gw harus ambil posisi bahwa pemerintah benar dalam mengadopsi standar internasional dan mendorong industri lokal ke level yang lebih baik. Beban ada di kita sebagai pemimpin industri yg sudah lebih mature untuk memenuhi standar itu dan dorong industri ini maju.
3. Lu sedang mencontohkan sesuatu yang buruk — mementingkan diri sendiri di atas industri.
Dan sebagai seseorang yang selama ini berjuang bareng lu untuk membangun industri ini, sedih rasanya ngeliat lu bereaksi seperti ini terhadap aturan yang sebenarnya adalah praktik bisnis standar.
Sebagai seorang ibu, gw berharap seorang ayah bisa memberikan contoh yang lebih baik untuk anak-anaknya.
- OJK & BEI sudah rapat darurat, dan akan menyesuaikan ketentuan MSCI
- Dirut BEI mengundurkan diri
- Danantara diam-diam mengakumulasi
- Emiten-emiten siap buyback
IHSG mulai menghijau!
Saham2 gorengan kayak gini yg bikin msci marah. Kok bisa naik 37 kali lipat hnya dlm 6 bulan.
Siapa bandarnya? Siapa sekuritasnya?
Kan mudah bagi BEI x OJK ambil tindakan n kebijakan preventif.
Gara2 oknum bandar (dan konyolnya gagal dicegah BEI), reputasi IHSG hancur.
Top 10 film jumlah penonton paling sedikit 2025
1. Misteri Cek Khodam - penonton: 27 orang
2. Basement: Jangan Turun Ke Bawah - penonton: 115 orang
3. Korban Jatuh Tempo: Pinjol - penonton: 179 orang
4. Putra - penonton: 293 orang
5. Cinta Pertamaku - penonton: 579 orang
6. Parah Bener - penonton: 656 orang
7. Gara-Gara Cicilan - penonton: 660 orang
8. Uwentira: Kota Jin - penonton: 917 orang
9. Sun Tree - penonton: 715 orang
10. Dealova - penonton: 3,090 orang
sholat kagak
nutup aurat kagak
keseharian ngomong kasar
sex bebas
minum khamr
melanggar syariat
bangga mamerin abis bermaksiat
gak pernah ngaji
tapi sekalinya login twitter, kerjanya menyelisihi pendapat ulama
luar biasa, tinggi banget ilmu gatau dirinya nih urat kuping
kalo lu ngedukung pemerintah dan kontra terhadap laporan Tempo, ya berarti lu tuh antara: 1) pure tolol, naif, otak lu setengah sendok teh atau 2) dapet jatah.
semoga dapet jatah deh ya, kalo setolol ini argumennya ga ketolong soalnya malah kasian
Lagian Tempo bahas Menhan usul Darurat Militer mulu. Padahal udah dibantah tanggal 2 sama Wakil Panglima TNI.
Gak mungkin Darurat Militer berlaku tanpa penerapan Tertib Sipil - Darurat Sipil.
Penerapan ini untuk wilayah yg eskalasi udah terjadi pemberontakan bersenjata di wilayah yg mau memerdekakan diri.
Demo dan kerusuhan, penerapannya darurat sipil bukan darurat militer.
Itu lah makanya Mabes TNI berkali-kali bantah narasi ini.