@nadhxzz@mey7chilla MHJ jg bilang laloran itu emg awalnya cuma buat eval & riset pasar kpop. Tapi dari penulisnya emg ngaku salah krn nambahin opini pribadi yg harusnya ga perlu.
@nadhxzz@mey7chilla Bisa aja kok digunain, tapi emg harus sesuai kode etik. Salahnya si penulis & si kuning ya mrk terlalu gamblang. Jadi membuka peluang baru buat publik bikin spekukasi. Pdhl kalo olah datanya bagus ya ga bakal dipertanyakan.
@nadhxzz@mey7chilla Karena case soal "jegal" ini udh pernah dilakuin SM ke idol gw & ada proof yg nyata, makanya gw bandinginnya sama SM. Dan gw ga bilang cuma SM yg busuk, semua agensi punya borok masing².
@nadhxzz@mey7chilla Ga juga sih. Konsep mereka juga kan multi-label. Agensi yg diakuisisi tetep bebas & ga dibatesin buat do something. Alasannya tuh ya krn mereka mata duitan, itu aja. Krn sebelumnya pendapatan paling gede dari bts.
@nadhxzz@mey7chilla Gfriend ga mau perpanjang kontrak, krn ga bisa deal sama label (yg waktu itu lagi jor²an mau debutin NJ & LS). Emg disayangkan bgt sih mrk dilepas, tapi ya balik lagi, idolnya emg udh ga mau. Mereka jg kan milih fokus ke karir masing².
@nadhxzz@mey7chilla Kan emg 50:50. Isinya kumpulan komen orang² & opini penulis. Tapi yg dihighligt orang² cuma bagian "ada nama² idol lain," padahal tujuan yg sebenernya juga belum jelas.
@nadhxzz@mey7chilla Monitoring internal salah satunya kan ada riset pasar buat artisnya. Makannya semua komen di industri kpop dimasukin. Cuma salahnya mereka nih ditambah²in opini si penulis. Padahal kalo fokus ke risetnya aja jg bakal aman aja tuh laporan.
@nadhxzz@mey7chilla Dua²nya lah. Namanya bisnis ya saling jegal. Makanya ga membenarkan keduanya. Orang sama² busuk. Jadi ga ada yg lebih bersih dari siapa, krn sama aja kelakuannya.
@nadhxzz@mey7chilla Ya itu emang kesalahan penulisnya sih, krn dia masukin opini yg sifatnya nyerang. Udah dicopot jg jabatannya. Udah ngaku jg kalo tindakannya berlebihan & cross the line sebagai penulis laporan audit yg harusnya fokus ke solusi buat idol² si kuning.
@nadhxzz@mey7chilla Tau kok bisnis pasti punya strategi sendiri, tp yg ini gw ga membenarkan samsek. Dan ini kespill jg krn mrk lagi konflik, kalo ga ya si MHJ jg paling diem2 aja.
@nadhxzz@mey7chilla Soal hate comment itu sebenernya udh sering dilakuin agensi² kok, cuma emg harusnya bkn jd konsumsi publik aja. Krn tujuannya buat monitoring internal perusahaan. Kan emg ga ada yg paling bersih di industri hiburan, beda cara main doang.
@nadhxzz@mey7chilla Gw g mau bela si kuning jg sih. Tapi poinnya lebih ke tindakan SM yg jg mengancam karir org lain. Apalagi waktu itu mrk belum ada power.
@nadhxzz@mey7chilla Tapi Nate bilang tuh, ada bbrp org yg ngatain bts cuma "grup eksperimen & filler grup." Jadi mrk nyuruh fokus ke artisnya yg waktu itu udh terkenal. Kalo mau promoin artisnya ya gpp, tp g usah sampe jelekin idol yg bahkan baru setahun debut.
@nadhxzz@mey7chilla Agensi yg lo puja² itu dulunya ketar ketir sampe mau sabotase, cuma krn ada bg dr agensi nugu yg berhasil dilirik America Hustle Life. Wkwk Sampe ngemis² biar artisnya yg ngisi tuh acara. Bukan anomali? Oh iya, kalo big 3 ga akan berlaku ya?
@nadhxzz@mey7chilla "ga ada anomali" katanya wkwk. Kpoopies nih jgn sok polos dong. Si kuning nih lagi apes aja kena spill, semua agensi, apalagi agensi gede jg pasti pernah ngelakuin, krn itu tujuannya buat riset pasar. Bisnis ga ada yg putih btw. Jangan polos2 amattt