Sedikit tips dari contoh di atas buat adik-adik yang lagi bangun career.
Yang bikin orang ini menarik bukan cuma karena dia bisa banyak tools, tapi karena skill-nya saling nyambung dan kepake buat solve real problem.
- Finance + Automation
- HR + Data
- Public Policy + GIS
- PR + Crisis Management
- Supply Chain + Data Analytics
- Legal + Data Privacy
- ESG + Finance
- Marketing + Consumer Psychology
- Operations + Process Automation
- Sales + CRM/Data Analytics
Jangan cuma nambah skill. Coba bangun kombinasi skill yang bisa saling menguatkan.
Karena selain useful buat company, kombinasi itu jg bisa jadi daya jual kalian sendiri.
In this economy, spill side hustle kalian yang gajinya USD
Walaupun dapetnya receh gapapa, karena $1 aja udah bisa buat makan nasi goreng + es teh 😭
Warga bantu warga, me first:
CARA MENDAPATKAN 1,3 M Dari Analisa CTR dan Retensi Video saja
Jangan lupa share di timeline teman teman ya. Supaya postingan ini tidak tenggelam.
Halo tampaknya akun saya sudah normal lagi. Deg degan juga nih sama tindak tanduk Elon akhir akhir ini ^^
Setlah sempat tertunda 3 hari ini saya akan share Tips bagaiman saya bisa menghasilkan 1,3 Milyar dari 1 Channel Youtube.
Maen youtube itu memang butuh effort diawal awal. Dan gak bisa dijadikan kerjaan utama jika kamu belum punya penghasilan dari wadah yang lain. Youtube dibuat Santai di awal dan diseriusi jika sudah terlihat menghasilkan.
Saya main Youtube sejak 2015 sejak belum banyak yang main Youtube ads. Saat itu cua reupload aja bisa gajian 40 juta perbulan.
Saat ini tahun 2026 sudah 10 tahun lebihi berlalu,pemain Youtube tentu sudah melonjak sangat drastis,yang tentunya akan lebih sulit untuk mendapat FYP. Bayangin aja kita main youtube saingan kita anak anak SMP,Bapak bapak full Online,Ibu ibu yang kini mulai eksis dan masih banyak lagi saingan.
Maka sangat normal Ketika awal awal view kita sepi,subcribers kita lama berkembangnya,kadang iri lihat konten orang lain yang mempunyai niche sama seperti kita tapi lebih ramai. Dan emang 6 bulan pertama itu Adalah tes psikologis bagi seorang Youtuber. Apakah dia bisa bertahan atau tidak ?
Saya suka bermain konten Evergreen dan tidak suka dengan konten yang viral. Karena konten Evergreen bisa ditonton kapanpun dan gak Cuma viral sesaat. Beberapa niche evergreen itu seperti konten informasi Islami,lagu lagu,tutorial memasak,dll.
Jadi ini Adalah cara saya main Youtube Niche Evergreen dan mungkin bisa juga diterapkan ke pemain viral.
A. SIAPKAN WAKTU 6 BULAN UNTUK RUGI= 6 Bulan Adalah waktu yang saya terapan untuk mengetahui konten ini bisa viral atau tidak. Selama belum mencapai 6 bulan saya tidak akan mengganti konten dengan catatan dalam 6 bulan itu minimal upload 1 kali. Biasanya kalua konten itu bagus dalam waktu 2-3 bulan aja sudah kelihatan.
B.Bulan pertama peak time.
Jadi kita mempelajari jam berapa saja waktu saat banyak interaksi terjadi dengan video kita (Like,Comments dan View).
Cara mengetahui jam ramai Adalah : 1.Masuk ke Yutube Studio 2.Masuk Analytics 3.Lihat ke sebalah kanan ada tulisan ‘Penayangan : 48 jam terakhir’
Kalau kamu pernah main Fb Ads biasanya ada istilah ‘Split test’. Untuk mengetahui jam ramai ini saya biasanya mengetes dalam 2 waktu yaitu upload jam 6 Pagi dan upload jam 6 sore.
Jadi sehari 2 x upload.
Dan untuk yang konten target Amerika maka kamu harus upload jam 6 pagi dan 6 sore waktu Amerika.
Setelah kamu rutin upload selama 1 atau 2 bulan nanti akan ketahuan jam berapa peaknya channel kamu. Setelah mengetahui itu maka catat jam nya dan next upload harus 1 jam sebelum peak timenya.
C.Bulan ke 2, Cek CTR.
CTR dalam Bahasa sederhananya Adalah berapa persen orang mengklik video kita saat video kita muncul di beranda youtube teman teman: Bisa di halaman utama,yt suggest,pencarian dll. CTR yang paling bagus Adalah 8-12% itu sudah termasuk bagus.Kalau 4-7% itu menurut saya sudah normal sih.
Untuk cek CTR,teman teman harus cek per video. Di setiap video ada analitik nya. Klik saja disana nanti ketahuan CTR nya.
Jadi CTR itu Adalah daya Tarik utama penonton apakah akan mengklik videonya atau enggak. Jadi untuk mendapatkan CTR ini teman teman harus membuat Thumbnail yang eyecatching dan colorful. Saya biasa membuat Thumbnail Video dengan AI. Dengan kata kunci : Eyecatching dan Colorful,extreme color grading,extreme contrass dan extreme saturation. Saya akan berikan contoh prompt Image yang bisa menghasilkan Gambar yang colorful. Akan saya share di Next post.
Kalau udah ketemu maka kamu sudah dapat konsep Thumbnail yang pas untuk channel teman teman. Ingat 5-12% undah masuk kategori bagus.
D.Bulan ke 3 focus retensi video.
Di fase ini teman teman mempelajari kira kira video apa yang membuat orang orang betah nonton video kita. Apa sih tandanya orang betah dengan menonton video kita ? Jawabannya Adalah Retensi (berapa persentasi orang menonton video kita Full). Dan Retensi yang bagus Adalah 40 % ke atas.
Untuk channel baru,disarankan upload video yang tidak terlalu Panjang . 8 menit maksimal sudah bagus. Dengan durasi yang lebih pendek maka biasanya akan menghasilkan Retensi yang lebih besar persentasinya . Jika teman teman upload video 20 menit ke atas kemungkinan akan mendapatkan retensi yang sangat rendah.Karena channel kita belum terbukti buat penonton.
Kecuali kalua sudah besar,itu baru bisa sedikit demi sedikit naikan durasi video.
Dan hati hati juga,kalau kamu maen youtube jangan suka share channel khususnya ke keluarga atau ke kenalan siapapun. Kenapa ? Karena orang hanya pengen tahu channel kamu doank. Pengen tahu video kamu saja. Setelah klik video paling Cuma dilihat 10 detik doank,udah itu di close. Dan itu akan bikin retensi anjlok parah.
E.Jika Ada 1 video teman teman yang CTR nya Tinggi tapi Retensi nya rendah,itu berarti secara Look Thumbnail itu sudah bagus banget. Dan harus dipertahankan Thumbnail dengan gaya tersebut. Hanya saja kenapa Retensi nya jelek,itu sudah pasti kontennya kurang menarik. Jadi CTR tinggi belum tentu Retensi tinggi juga.
F.Judul Clickbait
clickbait itu tidak berarti tipuan ya ? Clickbait Adalah salah satu gaya penulisan agar penonton penasaran denga nisi Video kita. Dan untuk judul Clickbait ini saya selalu mengandalkan chatgpt. Misalnya perintah “Tolong buatkan judul clickbait untuk tema Dolby Vision tentang hewan hewan laut”
G.300 Video
Lakukan upload secara rutin sampai minimal video tema teman itu ada sekitar 300 video. Mengapa 300 video ? Karena biasanya channel channel yang besar itu memiliki lebih dari 300 video. Jadi jika saya belum punya 300 video dan view masih dirasa membosankan,saya gak akan berhenti. Gak akan lirik kanan kiri,pasang kacamata kuda. FOkus.
H. Tips tambahan
Kamu tahu disetiap video di Youtube di sebalah kanan bawah selalu ada logo untuk subscribe secara langsung ? Kalau belum paham coba dicari video yang ada tombol subcribenya disebelah kanan bawah. Dan gak semua creator memasang logo tersebut sih.
Tapi saya selalu memasang logo subscribe tersebut di setiap video. Tetapi saya tidak memasang logo channel melainkan Typography yang bikin penasaran seperti : WHAT IS THIS ? atau INI APA ?
Typography seperti itu bisa bikin dengan AI juga.
Dan itu aja sih sebetulnya.Kalau kita sempet melihat trik trik youtube dari masa ke masa ya gitu gitu aja sebetulnya. Cuma yang membedakan kita tahan gak bikin 300 video dalam 6 bulan dengan keadaan yang belum pasti menghasilkan,belum pasti profit,dan itulah salah satu pengorbanan kamu di Youtube. Lebih baik mencoba toh daripada gak tahu hasilnya.
Yang pasti kalua kita ingin bermain youtube jangan asal main saja. Harus ada patokan. Dengan cara yang saya terapkan selama ini saya sudah mendapatkan beberapa Silver Play Button dan Gold Play Button.
Fokus utama hanya pada Retensi dan CTR. Jika Retensi dan CTR mencapai angka angka batas aman di atas. Video kamu sudah layak dapat label ‘suggested video’ dari Youtube. Potensi Viral. Saya pernah bikin video 6 menit dan menghasilkan 67 juta dari 1 video saja.
#youtube #youtubedown #youtubepremium #bisnisonline #digital #VideoViral
Beberapa bulan lalu, di X juga, gw nemu 1 google drive isinya ilmu semuaaa.
Nih langsung aja https://t.co/qEvuMTjGAP
Silakan belajar sepuasnya yaaa. Semoga bermanfaat
Silakan bookmark dan bantu repost yaa!
Malang, Surabaya, Sukabumi, dan kota kota lain di seluruh Indonesia. Perjuangan bukan cuman di Jakarta. Kenapa kebanyakan TV Nasional dan Media Mainstream tidak meliput ini? Semangat dan hati hati untuk semua yang bersuara di seluruh Indonesia.
Persekongkolan Sistematis dalam RUU Polri
Di balik layar institusi Kepolisian Indonesia, ada cerita yang menurut saya lebih dalam dari sekedar penegakan hukum saat ini, yaitu cerita tentang kekuasaan, ambisi, dan potensi persekongkolan sistematis yang kini terlihat dalam Rancangan Undang-Undang (RUU) Polri yang terbaru.
Jika boleh saya singgung sembari mengingatkan, bermula dari kasus kopi sianida yang menjerat Jessica Kumala Wongso pada 2016, sebuah kasus yang tidak hanya mengguncang publik, tetapi juga menjadi titik awal sorotan terhadap kenaikan karier sejumlah perwira tinggi Polri seperti Krishna Murti, Listyo Sigit Prabowo, Tito Karnavian, dan Ferdy Sambo. Dari kasus sianida ini, kita dapat melihat kenaikan karir ke posisi yang lebih strategis bagi Tito sebagai Menteri Dalam Negeri, Listyo sebagai Kapolri, yang tampaknya menjadi pengaman kekuasaan Presiden Joko Widodo (saat itu).
Dan publik tentu tidak lupa, peran Ferdy Sambo yang saat itu masih samar, seolah menjawab salah satu misteri ketika dirinya menjadi pelaku penembakan bawahannya. Publik pun semakin penasaran, kasus yang menimpa Ferdy Sambo menguak “kode 303”, yang nampaknya, mengerucut ke mafia judi online di Indonesia.
Maka bisa jadi, jika Presiden Prabowo menginginkan perubahan total di dalam institusi Polri, mungkin bisa dimulai investigasi terhadap kasus Jessica Kumala Wongso. Kasus kopi sianida pada 6 Januari 2016, yang merenggut nyawa Wayan Mirna Salihin, menjadi panggung awal dari kontroversi. Jessica Wongso ditetapkan sebagai tersangka oleh Krishna Murti, yang saat itu menjabat sebagai Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya, dan divonis 20 tahun penjara pada Oktober 2016.
Prosesnya penuh tanda tanya, di mana bukti CCTV tidak jelas, tuduhan Jessica bahwa Krishna memaksanya mengaku, dan minimnya bukti forensik langsung.
-Sebuah Esai-
Sesuai janji Wangmin, mari kita bahas rumah lelang.
Rumah murah yg cocok buat pekerja bergaji UMR atau para budak korporat yg pengen punya tempat pulang sendiri.
Kita bahas~
@andreqve Halo Mas Andre, aku udah beli yg jasa dan yang rental sepeda motor. Tapi untuk memaksimalkan monitoring unit dan sales, aku merasa ada yg perlu diimprove sedikit dari template yg ada. Apakah Mas Andre bs bantu improve di sheetnya? Tolong dibantu feedback dan penawarannya ya mas