Yes. Makanya iri sama temen-temen negara maju yang bisa bilang “Oh yeah I worked part-time for 6 months, saved some money, and now I’m traveling the world.” kek, WNI could never... (kecuali yang duitnya berasal dari uang rakyat.)
@cindoctorella IELTS ini salah satu form of capitalism selain jurnal berbayar. Bayangin aja anjir lu punya language certification yang only valid for a short period of time. Not to mention lu harus bayar lagi anjir to take the same test. A very tasty business...
pengen bgt rasanya mengkritisi IELTS NGAPAIN AJA SIH SAMPAI 3.6JT???? toh yang dinilai sama manusia cuma writing dan speaking??? serius ga ada yg mau protesin ni harga??