Lu bayangin gw dulu di pesantren kita bikin mie pake gayung, minum sirup bikinnya di ember, gk prnh keracunan. Itu yg di jawa timur bisa ampe keracunan gmn gila nya itu program setan emg
nemu rambut dimakanan, singikirin, lanjut makan
pesen esteh manis, dikasihnya es tawar, tetep diminum
pesen bubur gapake bawang, tapi tetep dikasih, singkirin, makan
"semoga suatu saat ketika kita ga sengaja melakukan kesalahan, orang lain berbaik hati buat maklumin juga"
Alisson Becker menendang papan pergantian pemain saat full time, buntut kekesalan saat Liverpool ingin melakukan pergantian namun harus menunggu lama karena wasit belum juga selesai mengatur papan tersebut.
Baru kali ini liat Alisson marah bgt 😭😭
Arkeolog jaman dulu: "Yuk kepruk ini bukit sampe rata biar dapet fosil!"
Arkeolog di Pulau Rote: "Dih, capek amat. Kita USG aja tanahnya."
Jadi tim peneliti baru aja nemuin jejak kehidupan manusia 30.000 TAHUN LALU di Pulau Rote.
Tapi yang bikin keren tuh gajadi bikin tanahnya bolong-bolong hancur. Mereka pake metode low budget energi, high budget otak alias minim invasif 😭👌
Pake apa coba? Pake Ground-Penetrating Radar (GPR) diseret di atas tanah, terus dicoblos bor kecil buat ngambil sampel sedimen.
Istilahnya kaya tanahnya di-USG & di-lab scan dulu. Biar tau di dalam ada peninggalan purba apa kagak tanpa perlu ngerusak alamnya 😭 gokil bet.
Hasilnya? Di 6 lokasi yang diuji, mereka nemu bukti kalo Rote udah diisi manusia sejak 30.000 tahun lalu.
Ini penting bet, secara wilayah Wallacea (Indonesia tengah) tuh masih agak "gelap" di peta arkeologi dunia gara-gara hutannya lebat dan susah digali.
Prefer untuk dihormati, dipercaya, dicintai waktu keadaan hidupnya lagi di atas maupun di bawah, didukung mimpinya, dikuatkan ketika dunia sedang keras padanya.