Udah gede gausah drama. Gasuka sama orang yaudah diem. Cukup dengan minimalkan interaksi. Gausah juga cari massa untuk ikut gasuka seseorang. Biar orang lain nilai sesuai yg mereka rasain/liat aja.
Bertindak dan bersikaplah sesuai perspektifmu.
Have you ever been around people whose presence alone just makes you feel mentally exhausted? Like… every word coming out of their mouth, the gaslighting, the victim mentality, their vibe in general are literally soul-sucking energy. (Problem is… sometimes…they’re family)
Learned it the hard way: SETTING BOUNDARIES is not selfish. It’s NECESSARY.
#notetoself
Tapi ya skrg orang jdi takut ngutarain pendapat yg kontra dan oposisi sama mayoritas ya (terkait suatu diskursus) krna takut diserang. Jadinya skrang pada generalist dan ikut2 opini paling banyak disetujui. Yang ke blow up rata2 sama dan gada karakteristik lagi. Spiral of silence
jujur gue suka bertanya2 kenapa ya perkara idol kpop kek gampang bgt nyuruh org buat m word.. emang se oke apa si idup lo bagi idol lo itu trs lo itu udh se berjasa apa sih buat mereka? kok bisa jahat padahal sesama fans loh........
Tolong banget kalau salah satu orang dalam suatu kelompok melakukan kesalahan, jangan langsung dipukul rata ke semua orang di dalam kelompok itu melakukan hal yang sama juga :)
sepertinya sebagian orang perlu diingatkan kalau ngefans itu menikmati karya dan mendukung seseorang, bukan mendapatkan hak kepemilikan atas hidupnya. nggak semua hal yang nggak sesuai ekspektasi harus dianggap sebagai pengkhianatan.🤍
sebenarnya heran juga gua sama orang yang terlalu memasyallah atau nganggep suci seorang manusia, giliran kaga sesuai ekspektasinya malah kesel wkwk. toxic banget dah. behave aja sebagai mana mestinya fans
Menurut gue, fandom akan jadi lebih sehat kalau kita belajar bahwa ga setiap perbedaan selera harus berubah menjadi perdebatan. Kita boleh ngga suka sebuah ship tanpa menjadikan orang-orang yang menyukainya sebagai masalah.
bisa ga ya fandom yg dulunya solid + keren ini balik lagi, ga kek skg kepecah belah perkara sepele yg harusnya bisa dihindari (aka. shipper). sebelum shipper ini pun dia jg pnya beberapa shipper dan adem ayem gaperna smpe bikin fandom kepecah-pecah
#1 : Menjadi fans itu harusnya menyenangkan, bukan beban. Bukan juga ajang memaksakan kehendak atau menaruh ekspektasi berlebihan pada orang yang kita kagumi. Mereka manusia, bukan dewa
sebenernya manusia yang kurang empati
itu mengerikan. jangankan untuk memahami kondisi orang lain, untuk sekadar sadar bahwa tindakannya menyakiti pun mereka tak mampu. dan yang lebih menyeramkan adalah mereka tidak merasa bersalah. dalam kepalanya semua tampak wajar, semua tampak layak, bahkan ketika luka yang mereka timbulkan bersarang di hati orang lain dalam waktu yang lama.
[Pemberitahuan] Mengenai Perpanjangan Kontrak Semua Member NCT DREAM
Halo, ini SM Entertainment.
Kami dengan senang hati mengumumkan bahwa RENJUN, JENO, JAEMIN, CHENLE, dan JISUNG telah memperpanjang kontrak eksklusif mereka dengan SM Entertainment, menyusul HAECHAN yang sebelumnya telah memperpanjang kontraknya.
Keputusan ini mencerminkan ikatan yang kuat dan rasa saling percaya yang telah dibangun oleh para member selama bertahun-tahun, serta komitmen mereka untuk terus melanjutkan perjalanan bersama sebagai NCT DREAM.
Sejak debut pada 25 Agustus 2016, NCT DREAM telah menyampaikan pesan harapan dan hal-hal positif melalui energi serta semangat masa muda mereka. Selama sepuluh tahun terakhir, grup ini terus berkembang dan berevolusi, mewujudkan banyak mimpi menjadi kenyataan dan memantapkan diri sebagai salah satu grup terkemuka di K-pop.
Kami dengan tulus berterima kasih kepada seluruh member atas segala pencapaian yang telah mereka raih bersama selama satu dekade terakhir, serta kepada para penggemar di seluruh dunia yang cinta dan dukungannya yang tak tergoyahkan selalu menjadi sumber kekuatan sepanjang perjalanan mereka.
SM Entertainment akan terus memberikan dukungan penuh kepada NCT DREAM dan membantu grup ini mencapai pencapaian yang lebih besar di tahun-tahun mendatang.
Kami memohon cinta dan dukungan kalian yang berkelanjutan untuk NCT DREAM dan berharap kalian menantikan berbagai aktivitas mereka yang akan datang pada paruh kedua tahun ini.
Terima kasih.