Orang-orang bilang “if he wanted, he would.”
Dan aku juga dulu percaya banget sama kalimat itu.
Sampai akhirnya psikologku bilang:
“Kadang bukan karena dia gak sayang, tapi karena dia memang belum siap.
Bisa jadi mentalnya lagi capek, emosinya belum stabil, atau hidupnya masih berantakan.”
Di situ aku baru sadar, ternyata hubungan gak selalu soal siapa yang lebih cinta.
Kadang juga soal siapa yang sedang sama-sama belajar mengerti keadaan satu sama lain.
Because sometimes, love is not only about being understood,
but also learning to understand.
Makanya dalam islam juga wanita jangan berlarut-larut sedihnya, karena buat wanita.. sedih itu ga cuma emotional tapi physically
Ngaruh ke badan, pikiran, kesuburan, bikin auranya kusam, energy drowning. Karena ya, wanita diciptakan dari tulang rusuk makanya lebih sensitif.
Semoga semua wanita yang sedang bersedih dimudahkan urusannya ya,
Just us (women) and our allahumma inni audzubika minal hammi wal hazan
“Ya Allah aku berlindung padamu dari rasa sedih yang berlarut (ham) dan (hazan) rasa khawatir terhadap yang belum terjadi”
against the world
Udh dpt berita ini blm @menuembegejelek?
Sebanyak 49 siswa MTs Al Inayah, Cilegon, Banten, diduga mengalami keracunan makanan setelah menyantap menu MBG pd Kamis, 16 April 2026. Korban mengalami gejala mual hingga muntah & dilarikan ke Puskesmas.
Terus aja nih... 😓
Setiap lihat anak orang kaya dan berpendidikan tapi kelakuannya tidak bermoral dan kadang kriminal, saya selalu curiga terhadap apa yang telah orangtuanya masukan ke lambung anak tersebut.
Ada sebuah tesis yang menyebutkan bahwa konsumsi makanan haram ternyata berpengaruh terhadap tingkat kecerdasan emosional dan spiritual seseorang.
Penelitiannya dilakukan oleh seorang mahasiswa UIN Sunan Ampel Surabaya pada tahun 2019 dengan judul “Pengaruh Makanan Haram Terhadap Perilaku dan Tingkat Kecerdasan Emosional dan Spiritual Siswa Ditinjau dari Sudut Pandang Sufistik.”
Penelitian tersebut meneliti perilaku anak-anak yang merupakan putra-putri para pekerja seks komersial di sebuah daerah.
Hasilnya menunjukkan bahwa mayoritas dari mereka memiliki sifat jahl (bodoh atau kurang pengetahuan), mudah marah, dan cenderung bersikap egois.
Syekh Ibnu Hajar Al-Haitami pernah melakukan riset tentang mengapa di satu daerah banyak lahir anak-anak yang saleh, sementara di daerah lain justru sebaliknya.
Beliau menulis begini: ”Jika kita perhatikan, di beberapa daerah ada banyak orang saleh dan bertakwa, sedangkan di daerah lain jumlah mereka sedikit. Kami pernah meneliti penyebab hal itu, dan kami tidak menemukan sebab lain selain karena makanan halal yang dikonsumsi, atau karena mereka sedikit sekali memakan sesuatu yang syubhat (tidak jelas halal haramnya). Setiap daerah yang penduduknya banyak mengonsumsi makanan halal, maka orang-orang saleh juga banyak di sana. Sebaliknya, jika sedikit makanan halalnya, maka sedikit pula orang salehnya.” (Fatawa al-Kubra al-Fiqhiyyah, juz 3 hal.372)
Konteks kasus FKH UI
SIAPA YANG MENANGGUNG NAFKAH WANITA?
1. Sebelum menikah : ayahnya
2. Setelah menikah : suaminya
3. Jika bercerai atau suaminya wafat : anak laki-laki / cucu laki laki ( dari anak laki laki)
4. Jika tidak ada anak/ cucu laki laki : kembali ke ayah / atoknya
5. Jika ayah/ atoknya sudah wafat: saudara laki laki
6. Jika tidak ada : kerabat dari pihak ayah ( keponakan laki laki, paman, sepupu laki laki, meskipun ia punya penghasilan sendiri
Sementara itu wanita tidak dibebani kewajibkan menafkahkan siapapun, meskipun Ia punya penghasilan sendiri
Jika ada kesalahan silahkan koreksi🙏
CARA JAJAN TANPA RASA BERSALAH:
1. Gaji masuk.
2. Langsung POTONG tabungan & tagihan.
3. Anggap sisa di ATM adalah "Uang Mainan".
Habiskan sampai nol.
Beli kopi mahal? Boleh.
Checkout keranjang? Gas.
Masa depanmu aman karena sudah dibayar di menit pertama.
Sisanya? Nikmati hasil keringatmu.
Pernah lihat orang yang jarang sakit?
Bukan karena hidupnya steril…
Tapi karena:
– Tidurnya nggak pelit
– Makannya tahu kapan berhenti
– Nggak hobi marah tiap hal kecil
– Pikirannya nggak kebanyakan dipikul sendiri
– Badannya dipakai gerak, bukan cuma duduk
Mereka nggak sempurna.
Tapi tubuhnya diajak kerja sama, bukan dipaksa.
Dan tubuh…
Kalau dihargai, jarang memberontak.
Guys, Dollar hampir 17 ribu
Emas udah mau 3 juta
makin sadar,
ngatur uang itu bkan pilihan, tp kebutuhan.
Kalian lg fokus nabung, investasi,
atau masih di fase bertahan hidup?
kesehatan:
- coba paksain joging tipis2 minimal bgt 1 minggu sekali, mau kesiangan, mau jam berapapun paksain, saya pernah jogging jam 11 siang 😂 item gpp yg penting sehat
- olahraga tipis2 di rumah gerakan2 sederhana
- ngurangin makan nasi putih dan perbanyak air putih. sempet obesitas 100 kg, alhamdulillah akhirnya nyentuh berat kepala 80-an, smg pelan2 konsisten
- coba badminton dan konsisten walau skill mentok gitu2 aja wkwk
karir:
- bengong. minimal 1 jam sehari. saya suka bengong 😅 buat mikirin kira2 bisnis apa yg mau saya coba lagi, apa yg mau dikejar lagi, apa yg perlu dievaluasi, apa kesalahan2 saya selama ini.
- kalau dulu spending uang banyak ke kelas/course, sekarang banyak ke try error sendiri karna sudah punya road map pribadi
- deadline2 pribadi dibuat berhubungan dengan orang lain agar no excuse. misalnya sama partner bisnis, atau deadline bareng tim sendiri jadi saling ngingetin. karna pengalaman saya awal2 bangun usaha semangat nya pol, lama2 bisa kendor kalau enggak ada tekanan orang lain.
- saya moody-an bgt kalau kerja dan enggak disiplin. makanya selalu berusaha buat seru aja. sesimpel kerja sambil denger musik, kerja sambil nonton, kerja di caffe, atau kerja di alam seama ada colokan dan internet gas 😆
Dulu clubbing, open table, dugem sampai pagi itu keren dan sosialita banget. Sekarang budaya bergeser, yang keren bukan dugeman lagi tapi update lagi gym, ikut event lari, latihan muay thai, naik gunung.
Gw emang gen milenial tapi jujur gw sangat pro gen Z, apalagi dunia kerja.