Tutorial Trading Tanpa Banyak Mikir di Crypto.
Trik ini udah saya jalanin sepanjang tahun 2026 hasilnya lumayan: Selalu bikin saya nyesel gak masuk lebih banyak WKWKWKW
Oke, kita bahas ya di sini. Mulai dari prinsip, kelebihan, kekurangan, dan SOP-nya.
Ingat, sebelum lanjut, ini BUKAN financial advice.
Saya cuma share yang saya lakukan, dan konten ini sebagai bahan edukasi dan hiburan aja
LET'S GO!
Step 1:
Screening pasar crypto di exchange favorit kalian.
Khusus untuk yang ini, cari futures ya. Lalu sortir berdasarkan TOP LOSER atau yang minusnya paling banyak
Step 2:
Screening satu-satu, lihat di timeframe 1 harinya.
Minimal si crypto HARUS bikin candle merah besar di TF 1 harinya (Lihat contoh di gambar ya)
Candle merah yang "ideal":
- Gak terlalu di bawah, masih atas (misal dibandingin sama kenaikan si crypto sebulan lalu)
- Kalau bisa habis ijo
- Gak terlalu besar. Biasanya saya batasi maksimal 3-4x besarnya ijo (saya itung berapa persen change-nya)
Step 3:
Masuk ke TF 15 menit atau 1 jam
Masukin indikator EMA 21 atau EMA 50
Cari Short
Entry kalau dia breakdown si EMA tersebut
Atau kalau udah jauh dari EMA-nya, ya tunggu naik dulu, atau jadiin si EMA sebagai resistance (entry pas rejection)
Lihat gambar ketiga: tanda X adalah tempat ideal untuk entry
Step 4: Tunggu beberapa hari, lalu cari dealer mobil terdekat
Teorinya:
Crypto itu jaman sekarang kayak ambil giliran.
Jadi kalau ada aset yang udah selesai naiknya, ya dilepeh sama pelaku pasar
Bakal turun jauh berhari-hari
Makanya saya cari yang baru mulai turun dengan syarat candle tadi.
Info penting lainnya:
- Set stop loss di setiap tanda entry yang atasnya.
Lihat di gambar 3 yang ada EMA-nya.
Kalau entry sekarang (tanda X paling bawah), stop loss di tanda X yang atasnya
- Masalah position sizing, hitung sendiri. Tapi saya ada website dan file buat ngitung. Nanti saya kasih di bawah linknya. Kalau menurut para mentor, risk per trade 1% aja
- Take profit:
Minimal 2R, atau semaruknya (soalnya turunnya bisa lama banget. Coba liat LAB tuh dari 20an sekarang 0.2. 1/100 nya jirr_
Dah ya, semoga bermanfaat
Buat risk per trade, bisa pakai ke website @volubit_id
ke sini https://t.co/1uzyhAO8Iu
Gimana sih caranya belum sebulan udah bisa dapet UMR Jogja lebih dikit?π
1. Buka https://t.co/S0t6pJumSW
2. Cari pool yang lagi rame β volume tinggi, TVL > $10K
3. Pilih token yang volatile (pergerakan harga aktif)
4. Add liquidity β pilih shape Bid-Ask
5. One sided SOL (jangan two sided dulu)
6. Set range -50% sampai -70% di bawah harga
β Mau aman? -70%
β Mau cepet profit? -50%
7. 5 menit tetep gak turun, kejar High nya, gitu terus indikatornya RSI > 70 β overbought (jenuh beli) β Makin tinggi (80-90+) makin kuat. lebih enak prediksi signal down daripada maksa two sided tapi gabisa nahan mental pas minus IL
8. Deposit & tunggu fee ngalir
Intinya: kamu naruh SOL di bawah harga sekarang.
Kalau token turun, SOL kamu convert ke token (dip catch).
Kalau token naik, kamu collect fee terus.
Yang penting jangan lupa set take profit manual ya β
DLMM gak ada auto TP, jadi pantau sendiri. π―
Mau lebih dalam? Join https://t.co/MMF9CEOXUp
Banyak yang sharing strategi di sana π₯
Ngapain lah futars futurs susah sendiri
Spot ajalah trading tu
Nih caranya:
Step 01
Setiap sekitar jam 7 pagi WIB, buka Coinmarketcap, lalu filter biar yang di-display top 200.
Lalu sortir berdasarkan top gainers di 24 jam (lihat gambar)
Step 02
Screening satu-satu. Maksimal 10. Buka tradingview. Cek apakah si aset tersebut di timeframe 1 hari membuat candle bullish dengan volume besar
Definisi candle bullish:
- Hijau. Body besar
- Wick ke atas minim atau tidak ada
- Close-nya lebih tinggi daripada high sebelumnya
Definisi volume besar: Lebih besar dari rata-rata 5 bar sebelumnya
Step 03
Masuk posisi beli dengan stop loss di bawah low candle tersebut. Masuk dengan resiko yang terukur (ukur sendiri). Lalu tunggu beberapa hari
Step 04
Exit jika (pilih):
- Sudah mencapai 2R atau cuan sebesar 2 kali resiko
- Membentuk candle bearish (kebalikannya candle bullish)
- Trailing atau pindahin stop loss setiap dia membentuk low baru
Kalau saat screening tidak menemukan sesuai kriteria step 02 sampai 10 kali, lupakan. Screening lagi besok
Ilustrasi ada di gambar semua. Cari aja yang kayak gini
GM!
Sekalian jangan lupa join membership Volubit buat dapet ilmu dan sinyal berkualitas.
Murah bang gak kayak yang lain
join sini:
https://t.co/mgJ3Z37pdL