@kesurupanbotol@misteralwad@iPopBase sangat amat ngerti kok, tapi soal lgbt si gaada toleransi kalo idealisme dia ga harus diikutin oleh semua fansnya.
ini soal kepercayaan perorangan, bukan masalah keresahan dan kepentingan semua orang yg sering disuarakan feast/hindia.
@Seamudra1 bener kok gratis, tapi banyak yang ga bisa daftar kipk karena ngurus berkas aja di negara ini susah, harusnya untuk ukuran test juga ga semahal ituu
jadi ini namanya EVALUASI, dan okelah kalian bisa salty or judge karena emang kata kata awal jelek makanya minta maaf, tapi ini point yang harus di garis bawahi.
bisa banding desil? bisa kok, cuman nunggunya lama dan susah, kalau pernah ngurusin pasti ngerti turun desil itu termasuk susah. tahu juga kalau dari presiden dulu utbk udah bayar, nah SAAT INI itu mengkritisi dana negara yang justru di buat mbg daripada pendidikan.
maaf ya teman teman kalau kata katanya jelek, tapi yang di garis bawahi harusnya dana mbg bisa di alihin di utbk karena banyak yang kesusahan. iya tahu, kipk bisa gratis tapi cuman desil awal sedangkan desil tidak akurat.
@esadhx@idextratime Ikut Muhammadiyah. Mereka sudah punya perhitungan sendiri dan dikompilasi dalam KHGT.
Kenapa pemerintah selalu ada sidang isbat? Karena pemerintah lebih condong ke NU yang lebih memilih cara rukyatul hilal untuk penentuannya.
@esadhx@idextratime Karena ada anggarannya dan itu besar. Siapa sih yg gak mau nontonin anak bulan sambil meeting di president suite, makan telur ikan arwana 😂😂
Serusak itu emang negeri ini. Sabar ya...
@esadhx@idextratime Jaman orde baru dulu lebaran itu selalu sama. Yg nentuin pemerintah. Di kalender sudah di cetak jelas.
Jaman skrg krn ada hanggaran yg guedhe buat nontonin bulan sabit makanya harus dipergunakan dng semaksimal mungkin drpd taun depan anggaran ditiadakan sama kemenkeu 😏😏
@zimzalabimc@idextratime sekarang Muhammadiyah ga pake metode hisab lagi, tapi metode KHGT.
kalo Muhammadiyah masih pake metode hisab kemungkinan puasa sama lebarannya bareng.