Orang utan ditemukan berguling-guling dalam kondisi lemas di kebun sawit di Ketapang, Kalimantan Barat.
Orang utan itu diduga lemas karena menghirup asap kebakaran hutan dan lahan yang menyebabkan gangguan pernapasan.
humans can stay indoors during this haze period but what about them animals? they can’t escape it. the forest (which is their home) is being burned and polluted by the dense smoke.
they did nothing to cause this, yet they’re the ones suffering from it 🥹🥹
Seekor orang utan ditemukan terkulai lemas di perkebunan kelapa sawit dekat lokasi karhutla di Ketapang, Kalimantan Barat, Minggu (30/8). Ia pertama kali ditemukan oleh seorang petani yang hendak berangkat ke ladang.
Orangutan itu kemudian diberi nama Sampurna, sesuai dengan nama desa tempat ia ditemukan.
Dokter hewan kemudian memberikan oksigen dan cairan infus untuk membantu kondisinya. Sampurna juga diduga mengalami infeksi saluran pernapasan.
Sampurna akan menjalani perawatan di pusat rehabilitasi sebelum nantinya dilepasliarkan kembali.
📸: Dok. Reuters.
Baca selengkapnya dengan klik link di bio. Cari tahu berita update lainnya dengan download aplikasi kumparan di App Store atau Google Play.
📝: newsupdate | update | news | galfot | R102 | E164
#bicarafaktalewatberita #kumparan
what do you expect sama orang yang sempet-sempetnya bahas “bu ani dulu milih saya” ketika melayat saat bu ani meninggal? bahkan pak sby langsung speak up setelahnya agar jangan dihubungkan ke politik karena momennya tidak tepat dan tidak elok. emang nirempati aja dari dulu
Udah mah penjahat, goblok (bukan makian, memang literally goblok), narsis, serakah, temperamental, ga punya malu, ga punya empati pula. Blas ga ada kata sifat positif yang bisa disematkan ke orang ini.
Saat kita sibuk menyorot orangutan dan kawan-kawannya, ada spesies lain yang diam terlupakan.
Padahal ia bagian penting dari ekosistem hutan. Pohonnya jadi sarang dan pakan orangutan. Kayunya mungkin dipakai di rumahmu.
Namanya Ulin.
Saking padat, tahan air, dan anti-rayap, ia dijuluki kayu besi dan jadi andalan para arsitek.
Sayangnya ia terancam deforestasi dan alih fungsi lahan. Padahal untuk mencapai diameter 50 sentimeter aja ia butuh sekitar 100 tahun.
A thread 🧵 by Narasi Visual
belum genap 2 minggu hari gajah sedunia
Satwa gak pernah jahat, mereka cuma berusaha bertahan hidup di bumi yang makin diserakahi manusia.
Up terus beritanya biar isu perlindungan hutan gak makin redup!
As someone who grew up in South Kalimantan, Banjarbaru to be exact, seeing the forests get burned down & cause so much suffering for both people and animals makes me insanely angry and disappointed. U guys have no idea just how beautiful the deep jungles of Kalimantan really are.
ngajarin freshgrad emang cape tapi bear in mind kalo mereka emg harus DIAJARIN krn kt jg pernah oon kaya mereka.
lebih draining af ngajarin senior yg harus "keep up" (not necessarily gaptek ya) krn mereka lebih ngeyelan, ngerasa lebih bisa tp SALAH
Pernah pengalaman handle anak MT yang dikasih dari divisi lain😄 karena dia dianggep gak capable, akhirnya dia di kasih ke aku. Waktu itu aku baru manage divisi busines unit baru dimana teamnya rata2 lemparan dari divisi lama.
Di bulan pertama full sama aku, market visit bareng, belajar semua dari 0 hal yang sederhana umum dan dia introvert tapi terlanjur di taruh di Sales.
Setelah masuk bulan ke dua gw lepas, manage customer sendiri dan Gongnya dia overachieve sampe namanya masuk rank top waktu townhall meeting🥰
Bulan ke 3 masi on track seterusnya masi Ok dan gw decide buat lanjutin dia di final Probation.
Pas dia kasih PPT Review bahan probation ke gw, astaga gw kaget PPT nya pake Canva, karena dia blg ga familiar ama G slide😂🤣 gw iyain ajalah penting jadi PPT. Gw yang bingung pas koreksi PPT Canvanya gmn akhirnya gw print, dan gw coret2 dan gw ngerasa tua banget kampungan😭🙏
Alhamdulillah dia lolos probation dari Top Management. Lalu Manager Divisi yang dulu ngasih dia ke gw komen
" Mba Rince si B, anaknya Introvert bisa juga jadi Sales ya".
Gw jawab, " yah lu baru manage beberapa hari uda Judge dia gak bisa, padahal dia baru lulus wey.. emangnya lu dulu pas lulus belajar beberapa hari langsung expert?.... Diem dia 🤣😂
Sekarang si B kerja di Perusahaan Jepun di Jakarta🤗🌿🍀
Intinya kalau uda pengalaman expert gausah tengil ama anak baru, bisa jadi anak baru itu dimasa yang akan datang bisa aja setara bahkan ngegeser yang kita2 yang kamseupai ini🙏